Powered By Blogger

Cari Blog Ini

Masukan Nama Penyanyi - Judul Lagu

Mesin Cari Free Download Mp3 Gratis

DAHSYAT LUAR BIASA!

Minggu, 20 Maret 2011

Do'a Memohon Kebugaran

Suatu ketika Abdurrahman bin Abi Bakrah berkata kepada ayahandanya, "Duhai ayahanda, setiap pagi kudengar Engkau memanjatkan sebuah doa " Allahumma `aafinii fii badani, Allahumma `aafini fi sam`ii, Allahuma `aafini fii basharii laa ilaaha illa anta"… Engkau mengulangnya sebanyak tiga kali, di pagi dan sore hari…? Maka ayahandanya menjawab: Sesungguhnya aku mendengar Rasulullah saw melantunkan doa tersebut, Dan aku senang mengikuti sunnahnya. (HR. Abu Dawud) Demikianlah doa ini; 
اللَّهُمَّ عَافِنِي فِي بَدَنِي اللَّهُمَّ عَافِنِي فِي سَمْعِي اللَّهُمَّ عَافِنِي فِي بَصَرِي لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ 
"Ya Allah… Sehat dan bugarkanlah tubuhku, Ya Allah…Sehat dan bugarkanlah pendengaranku, Ya Allah… Sehat-dan bugarkanlah penglihatanku, Tiada Tuhan yang benar untuk disembah kecuali Engkau". 
Ternyata Rasulullah saw. juga gemar memohon kepada Allah saw untuk dianugrahi kebugaran dan hal ini juga menjadi kebiasaan para sahabat. Doa ini biasa dibaca 3x tiap pagi dan petang. Teks doa ini mengajak sekaligus mengajarkan kepada kita tentang apa yang seharusnya menjadi bagian yang kita pinta dari Allah swt, kebugaran fisik, penglihatan dan pendengaran memang menjadi sesuatu yang sangat penting bagi siapapun. Segala hal akan lebih menyenangkan jika dibarengi dengan kebugaran fisik, makan menjadi lebih nikmat, istirahat lebih nyaman bahkan ibadahpun akan menjadi lebih ringan.
Sebuah fenomena
Sering kita mendengar keluhan orang lain, atau barangkali kita juga mengalaminya, baru beberapa menit membaca al-qur'an mata sudah pedih, kadang juga tiba-tiba merasa ngantuk. Belum lama duduk mendengarkan tausyah namun rasanya sudah capek duduk... demikian hal ini sering terjadi, namun berlama-lama duduk didepan layar kaca menyaksikan sinetron atau film dengan terus membaca teks terjemahan dari dialog yang sedang berlangsung. Bahkan kadang sampai dua jam tidak beranjak dari tempat duduk namun mata tetap bugar tetap bisa duduk dengan nyaman. Ada apa dengan semua ini...? Bukankah yang dipakai untuk melihat film berikut teks terjemahannya adalah juga mata yang digunakan untuk melihat teks Al-Qur'an yang dibaca? Bukankah seharusnya mata ini juga bisa berlama-lama menikmati Al-Qur'an? kok bisa Sich? 
Mintalah bugar plus
Sehat dan bugar yang kita harapkan bukan seperti keluahan diatas, namun kita berharap kebugaran fisik yang bisa digunakan dengan baik pada kegiatan sehari-hari juga bisa dipakai untuk urusan ibadah kepada Allah swt. Kita bisa duduk lama membaca koran namun kita juga mampu berlama-lama duduk untuk berdzikir kepada Allah swt, kita bisa berdiri lama bahkan jogging berkilo-kilo meter namun kita juga kuat berdiri lama mengikuti sholat jama'ah dengan bacaan surah yang panjang. Demikianlah kebugaran yang kita harapkan adalah kebugaran yang plus( badan, pendengaran serta penglihatan).
Berdoa berarti berusaha untuk meraih yang kita pinta dengan harap
Ketika kita meminta pandai maka kita mesti berusaha belajar untuk menjadi pandai, meminta rizki berupa harta kita juga dituntut untuk bekerja. Maka kalau kita meminta bugar maka sudah semestinya berlatih dan berusaha menjaga pola hidup. Dan jangan lupakan doa ini untuk kita lantunkan di waktu pagi dan petang.
Allahumma `aafinii fii badanii...
Allahumma `aafinii fii sam`ii....
Allahuma `aafinii fii basharii...
Laa ilaaha illaa anta...
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KOMENTAR YANG ANDA LAYANGKAN TIDAK BERBAU SARA.

Media Publishing: