Powered By Blogger

Cari Blog Ini

Masukan Nama Penyanyi - Judul Lagu

Mesin Cari Free Download Mp3 Gratis

DAHSYAT LUAR BIASA!

Sabtu, 30 Juli 2011

Tingkatkan Kebaikan di Bulan Berkah

Bulan penuh berkah sudah diambang pintu, sebentar lagakan menjumpai kita, semoga Allah memberikan kesempatan untuk menikmati indahnya bulan penuh berkah, namun tidak sedikit orang yang mengabaikan kesempatan meraih keberkahan bulan itu, ada juga yang menghadapinya biasa-biasa saja, meski ikut puasa dan malamnya ikut shalat tarawih, namun hanya sekedar menggugurkan kewajiban, atau hanya sekedar melaksanakan ritual rutin, berapa banyak orang yang berpuasa hanya mendapatkan lapar dan dahaga, demikian yang disabdakan oleh Rasulullah SAW.

Memang ibadah puasa memerlukan ketahanan fisik dan kekuatan iman, karena puasa menahan lapar dan nafsu. Beberapa tips untuk persiapan menghadapi puasa Ramadhan.

I. Persiapan ruhiyah (kekuatan iman)
Puasa merupakan ibadah yang benar-benar memerlukan kekuatan iman, karena dalam keadaan berpuasa, biasanya kita tergoda dengan sesuatu yang membatalkan puasa atau membatalkan pahala puasa. Namun kalau kita memiliki iman yang kuat meski tidak ada yang melihat secara kasat mata, tapi kita yakin bahwa adanya yang Maha Melihat. Sebagai latihan biasa para ulama terdahulu sudah membiasakan (memperbanyak puasa dan amaliyah lain) pada bulan Rajab dan Sya’ban, agar begitu memasuki Ramadhan tidak begitu kaget.

II. Persiapan Jasadi (Fisik)
Kesiapan fisik sangat diperlukan, karena dalam satu hari dilarang makan dan minum. Selain itu jam tidur juga akan berkurang, karena siang berpuasa malamnya shalat tarawih dan membaca al Qur’an, terus bangunnya harus cepat untuk makan sahur, tentunya akan banyak memerlukan tenaga. Oleh karena itu namun tidak ada salahnya menjaga kesehatan selama bulan Sya’ban, agar dalam menggapai kemulian dan keberkahan Ramadhan dapat diraih semaksimal mungkin.

III. Persiapan Harta
Mempersiapkan harta bukan untuk makan mewah pada saat berbuka dan sahur, namun selama sembelas bulan kita biasakan menyisihkan uang sedikit, agar pada bulan Ramadlan bisa infak – shadakah lebih banyak dari bulan-bulan sebelumnya, karena pada Ramadhan InsyaAllah pahalanya akan berlipat ganda asalkan dengan niat yang ikhlas.

IV. Persiapan Fikriyah (intlektual dan ilmu)
Rasulullah saw, bersabda “ berapa banyak orang yang berpuasa, tapi hanya mendapatkan lapar dan dahaga saja”. Kenapa sampai terjadi hal itu, karena puasanya tidak bernilai, tidak ada pahala yang didapat, agar ini tidak terjadi sebelum memasuki bulan Ramadhan, kembali dipelajari tentang rukun dan syarat puasa, dan untuk menambah semangat berpuasa buka dan pelajari lagi hikmah puasa.
Semoga kita semua dipertemukan dalam bulan Ramadhan dan kita bisa melaksanakan dengan baik, yang terpenting dapat meraih hikmah ramadhan dengan semaksimal mungkin.
 
Ku mengharapkan Ramadhan
Kali ini penuh makna
Agar dapat kulalui
Dengan sempurna

Selangkah demi selangkah
Setahun sudah pun berlalu
Masa yang pantas berlalu
Hingga tak terasa ku berada
Di bulan Ramadhan semula

Puasa satu amalan
Sebagaimana yang diperintahNya
Moga dapat ku lenturkan
Nafsu yang selalu membelenggu diri
Tiada henti-henti

Tak ingin ku biarkan Ramadhan berlalu saja
Tuhan pimpinlah daku yang lemah
Mengharungi segalanya dengan sabar
Kita memohon pada Tuhan diberikan kekuatan
Ku merayu pada Tuhan diterima amalan

Selangkah demi selangkah...
Dengan rahmatMu oh Tuhanku...
Ku tempuh jua 
by: raihan (harapan ramadhan)


Semoga bermanfaat…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KOMENTAR YANG ANDA LAYANGKAN TIDAK BERBAU SARA.

Media Publishing: